Logo Bloomberg Technoz

BPJT Segera Lanjutkan Proyek Tol Gilimanuk-Mengwi yang Mangkrak

Krizia Putri Kinanti
28 March 2023 17:18

Ilustrasi jalan tol. (Dok. Jasa Marga)
Ilustrasi jalan tol. (Dok. Jasa Marga)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) memastikan proyek Tol Gilimanuk-Mengwi di wilayah Banjar Sumbermis, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana yang sempat mangkrak akan kembali dikerjakan. Saat ini, BPJT tengah menunggu financial close atau pemenuhan pembiayaan dari pelaksana proyek, PT Tol Jagat Kerthi Bali. 

"Kita mau melihat financial close dia untuk dipenuhi. Pembebasan dari badan usaha," ujar Kepala BPJT, Danang Parikesit di DPR, Selasa (28/3/2023).

Menurut dia, PT Tol Jagat Kerthi Bali saat ini tengah menyelesaikan seksi 2 dan seksi 3 pada Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi. Akan tetapi, perusahaan tersebut belum memiliki kepastian mendapat pinjaman untuk pembangunan proyek tersebut.

"Targetnya dalam waktu 1-2 bulan ini. Kalau enggak, pengusahaan kemungkinan akan dicabut, atau bisa cari pendanaan lain," kata Danang.

Sebagai informasi, pelaksanaan pembangunan Jalan Tol Gilimanuk - Mengwi di Provinsi Bali sepanjang 96,84 km dimulai pada 2022. Proyek dengan biaya investasi sebesar Rp24,6 Triliun ini awalnya direncanakan selesai pada 2028.  Akan tetapi, pemerintah melalui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meminta jalan tol tersebut sudah bisa beroperasi pada Akhir 2025.