Logo Bloomberg Technoz

Di Bawah US$2.300/Troy Ons, Harga Emas Terendah dalam Sepekan

Hidayat Setiaji
06 May 2024 07:30

Ilustasi emas Fine Gold Switzerland
Ilustasi emas Fine Gold Switzerland

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga emas dunia turun pada perdagangan pagi ini. Ke depan, seperti apa prospek harga sang logam mulia?

Pada Senin (6/5/2024) pukul 07:01 WIB, harga emas dunia di pasar spot tercatat US$ 2.293,92/troy ons. Turun 0,31% dari penutupan perdagangan akhir pekan lalu dan berada di posisi terendah dalam sepekan terakhir.

Dalam sepekan terakhir, harga emas turun 1,32% secara point-to-point. Selama sebulan ke belakang, harga berkurang 2,15%.

Harga Emas di Pasar Spot (Sumber: Bloomberg)

Harga emas turun pada perdagangan kemarin setelah investor mencerna rilis data ketenagakerjaan di Amerika Serikat (AS). US Bureau of Labor Statistics melaporkan, perekonomian Negeri Adikuasa menciptakan 175.000 lapangan kerja non-pertanian (non-farm payroll) sepanjang April. Ini adalah angka terendah dalam 6 bulan terakhir.

Di satu sisi, data ini bisa menjadi landasan bagi bank sentral Federal Reserve untuk menurunkan suku bunga acuan. Namun di sisi lain, inflasi yang masih ‘bandel’ membuat Federal Funds Rate masih sulit untuk dipotong.