Logo Bloomberg Technoz

Lobi Gencatan Senjata di Gaza Dibuka Lagi di Mesir, Akan Sukses?

News
05 May 2024 10:00

Warga Palestina mencari barang selamat diantara puing pasca serangan Israel di Khan Younis, Gaza selatan (8/3/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Warga Palestina mencari barang selamat diantara puing pasca serangan Israel di Khan Younis, Gaza selatan (8/3/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Ros Krasny  - Bloomberg News

Bloomberg, Delegasi Hamas dilaporkan telah tiba di Kairo, Mesir untuk melakukan pembicaraan baru yang bertujuan mencapai gencatan senjata di Gaza, setalah perang antara Israel dan kelompok pejuang yang didukung Iran itu hampir mendekati tujuh bulan.

Laporan di media Arab Saudi dan Israel yang tidak dapat dikonfirmasi secara independen menunjukkan bahwa para perunding Hamas siap menerima persyaratan kesepakatan yang ditengahi Mesir.

Channel 12 Israel juga mengutip seorang pejabat Hamas yang mengatakan bahwa pimpinan organisasi tersebut telah menyetujui penerapan tahap pertama rencana pembebasan sandera. CNN melaporkan perincian perjanjian apa pun mungkin memerlukan waktu beberapa hari lagi untuk diselesaikan, mengutip pejabat AS dan Israel yang tidak disebutkan namanya.

Direktur CIA Bill Burns tiba di Kairo pada Jumat untuk membantu mediator Mesir mencapai gencatan senjata, Axios melaporkan. Israel belum mengirimkan delegasi, kata seorang pejabat kepada Agence France Presse.