Logo Bloomberg Technoz

IBC Gandeng 7 BUMN Percepat Transisi Energi

Mis Fransiska Dewi
30 April 2024 20:20

Pabrik baterai kendaraan listrik./Bloomberg-Krisztian Bocsi
Pabrik baterai kendaraan listrik./Bloomberg-Krisztian Bocsi

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia Battery Corporation (IBC) menggandeng 7 BUMN dalam pengembangan ekosistem baterai dan kendaraan listrik di Indonesia. Kerja sama dilakukan guna mempercepat transisi energi dan mendukung target Net Zero Emission pada tahun 2060.

Hal itu tertuang saat IBC menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan 7 BUMN dari 5 sektor strategis: telekomunikasi, perkebunan dan pangan, pertahanan, pariwisata, dan transportasi, Selasa (30/4/2024).

Ketujuh BUMN tersebut yakni PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Pupuk Indonesia, PT Len Industri (Persero), PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), PT INKA (Persero), dan PT Prima Armada Raya. 

"Kerja sama ini dapat menjadi fondasi yang memberikan inspirasi dan benchmark bagi pembangunan berkelanjutan," ujar Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Rabin Indrajad Hattari.

"Kami harapkan MoU ini dapat segera ditindaklanjuti melalui langkah nyata yang dapat mendukung pencapaian Net Zero Emission di berbagai sektor." tambahnya.