Logo Bloomberg Technoz

Lion Air Batalkan Sejumlah Penerbangan Imbas Erupsi Gunung Ruang

Dinda Decembria
30 April 2024 19:50

Stabilisator pesawat di pesawat Lion Air Boeing Co. 737 Max 8 yang dilarang terbang di Terminal 1Bandara Internasional Soekarno-Hatta./Bloomberg
Stabilisator pesawat di pesawat Lion Air Boeing Co. 737 Max 8 yang dilarang terbang di Terminal 1Bandara Internasional Soekarno-Hatta./Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta - Maskapai penerbangan Lion Air Grup membatalkan sejumlah penerbangan dari dan ke Manado imbas penutupan sejumlah bandara di provinsi Sulawesi Utara, termasuk Gorontalo.

Penutupan ini diakibatkan erupsi Gunung Ruang di Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara pada Selasa (30/4/2024) dini hari.

Melalui rilis yang diterima, Corporate Communications Strategis Lions Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan penutupan ini merupakan langkah pencegahan terhadap dampak erupsi dan penyebaran abu vulkanik dari Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

"Lion Group telah menginformasikan kepada semua penumpang terkait pembatalan ini dan mengakomodasi permintaan perubahan jadwal penerbangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku bagi penumpang yang terdampak," kata Danang dalam keterangan rilis, Selasa (30/4/2024).

Danang juga menjelaskan partikel abu dapat mengikis dan merusak permukaan pesawat termasuk kaca kokpit yang menganggu visibiltas dan aerodinamika. Selain itu, abu vulkanik yang masuk ke dalam mesin dapat meleleh dan mengeras sehingga mengganggu fungsi mesin dan berpotensi menyebabkan kerusakan pada mesin.