Logo Bloomberg Technoz

Buntut SVB, Dana Simpanan di Perbankan AS Anjlok Rp 1.486 T

News
27 March 2023 14:51

Kantor pusat Silicon Valley Bank (SVB) di Santa Clara, California, AS. (Philip Pacheco/Bloomberg)
Kantor pusat Silicon Valley Bank (SVB) di Santa Clara, California, AS. (Philip Pacheco/Bloomberg)

Alex Tanzi - Bloomberg News

Bloomberg - Nilai simpanan masyarakat di perbankan Amerika Serikat anjlok hingga lebih dari US$ 98 miliar tak lama sejak kejatuhan tiga bank beberapa waktu lalu, yakni, Silicon Valley Bank (SVB), Signature Bank, dan Silvergate Capital. Anjloknya nilai simpanan masyarakat di bank terutama dialami oleh bank-bank kecil. 

Per Maret 2023, nilai simpanan masyarakat di perbankan secara umum turun sampai US$ 17,5 triliun, drop US$ 98,4 miliar, demikian menurut data yang dirilis oleh Federal Reserve pada Jumat pekan lalu. Nilai itu setara Rp 1.486,55 triliun.

Di bank-bank kecil, nilai simpanan masyarakat tercatat turun US$ 120 miliar, sementara di 25 bank terbesar nilai dana pihak ketiga (DPK) justru naik hampir US$ 67 miliar.

Pelanggan mengantre di luar cabang Silicon Valley Bank (SVB) di Wellesley, Massachusetts, AS, Senin (13/3/2023). (Sophie Park/Bloomberg)

Produk simpanan lainnya yaitu simpanan di luar produk deposito berjangka, juga turun sebesar US$ 78,2 miliar menjadi US$ 15,7 triliun. Dibandingkan setahun silam, terdapat lebih banyak rekening tabungan dan giro yang juga turun 6,1%. Ini penurunan terbesar sejak awal 1970-an.