Logo Bloomberg Technoz

SVB Resmi Diakuisisi First Citizens

News
27 March 2023 12:50

Surat pemberitahuan di cabang Silicon Valley Bank (SVB) di San Francisco, California, AS, Senin (13/3/2023). (David Paul Morris/Bloomberg)
Surat pemberitahuan di cabang Silicon Valley Bank (SVB) di San Francisco, California, AS, Senin (13/3/2023). (David Paul Morris/Bloomberg)

Tim Smith - Bloomberg News

Bloomberg - Silicon Valley Bank (SVB) resmi diakuisisi oleh bank swasta First Citizen Bank & Trust. Menurut laporan Bloomberg News, bank yang berbasis di Carolina Utara itu setuju untuk membeli semua simpanan nasabah dan kredit yang disalurkan oleh SVB yang telah diambil alih oleh regulator beberapa waktu lalu. 

SVB menjadi bank terbesar di Amerika yang jatuh dalam 10 tahun terakhir. Langkah penjualan SVB pada investor baru itu menjadi babak baru serial kejatuhan bank yang telah menggegerkan dunia keuangan global dalam tiga pekan terakhir. 

First Citizens, maju dalam perjanjian pembelian untuk seluruh deposito dan kredit milik SVB, berdasarkan pernyataan dari Federal Deposit Insurance Corp (FDIC).

  • Silicon Valley Bridge Bank, diperkirakan memiliki total aset sebesar US$ 167 miliar dan nilai simpanan nasabah US$ 119 miliar per 10 Maret.
  • Transaksi tersebut termasuk penjualan aset senilai US$ 72 miliar dengan diskon sebesar US$ 16,5 miliar.
  • Sekitar US$ 90 miliar dalam berbentuk surat berharga dan aset lain akan tetap berada dalam penguasaan FDIC.
  • FDIC memperkirakan biaya kegagalan Silicon Valley Bank terhadap Dana Penjaminan nasabah (Deposit Insurance Fund) mencapai US$ 20 miliar.