Logo Bloomberg Technoz

AS Mulai Bangun Dermaga Bantuan Kemanusiaan di Lepas Pantai Gaza

Redaksi
26 April 2024 15:30

Warga Palestina berjalan melewati bangunan yang hancur akibat serangan Israel di Khan Younis, Gaza selatan (8/3/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Warga Palestina berjalan melewati bangunan yang hancur akibat serangan Israel di Khan Younis, Gaza selatan (8/3/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasukan AS telah memulai pembangunan dermaga maritim di lepas pantai Gaza yang bertujuan untuk mempercepat aliran bantuan kemanusiaan ke daerah kantong tersebut ketika mulai beroperasi pada Mei, kata Pentagon pada Kamis.

Presiden Joe Biden mengumumkan pembangunan dermaga tersebut pada Maret lalu ketika para pejabat bantuan memohon kepada Israel untuk mempermudah akses pasokan bantuan ke Gaza melalui jalur darat. Apakah dermaga tersebut pada akhirnya akan berhasil meningkatkan bantuan kemanusiaan masih belum jelas karena para pejabat internasional memperingatkan risiko kelaparan di Gaza utara.

Kampanye militer Israel selama enam bulan melawan Hamas telah menghancurkan Jalur Gaza yang kecil dan menjerumuskan 2,3 juta penduduknya ke dalam bencana kemanusiaan.

Melansir Reuters, Jumat (26/4/2024), seorang pejabat senior pemerintahan Biden, yang berbicara kepada para wartawan dengan syarat tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa bantuan kemanusiaan yang keluar dari dermaga harus melewati pos-pos pemeriksaan Israel di darat.

Hal itu terjadi meskipun bantuan tersebut telah diperiksa oleh Israel di Siprus sebelum dikirim ke Gaza. Israel ingin mencegah bantuan yang masuk ke para pejuang Hamas yang dapat meningkatkan upaya perang mereka.