Logo Bloomberg Technoz

PBB Bakal Salurkan Bantuan US$2,8 M untuk Gaza dan Tepi Barat

Redaksi
17 April 2024 19:30

Warga Palestina mencari barang selamat diantara puing pasca serangan Israel di Khan Younis, Gaza selatan (8/3/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Warga Palestina mencari barang selamat diantara puing pasca serangan Israel di Khan Younis, Gaza selatan (8/3/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Rabu akan meluncurkan permohonan sumbangan sebesar US$2,8 miliar tahun ini untuk membantu penduduk Jalur Gaza yang dilanda perang dan juga penduduk Tepi Barat Palestina, seorang pejabat senior badan tersebut mengatakan.

"Seruan kilat" tersebut ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dana kemanusiaan hingga akhir 2024, menurut Andrea De Domenico, kepala Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan di wilayah Palestina, seperti dilansir Times of Israel, Rabu (17/4/2024).

"Dengan seluruh komunitas kemanusiaan, kami akan memohon bantuan sebesar US$2,8 miliar untuk mendukung tiga juta orang yang teridentifikasi di Tepi Barat dan Gaza," katanya pada Selasa dalam sebuah konferensi pers melalui video.

"Tentu saja, 90 persen dari dana tersebut diperuntukkan bagi Gaza," tambah De Domenico.

Dia mencatat bahwa "permintaan awal adalah sebesar US$4 miliar, tetapi mengingat kemampuan terbatas untuk memberikan [bantuan] dan ruang yang harus kami lakukan, kami benar-benar fokus pada prioritas tertinggi."