Logo Bloomberg Technoz

Pertama, Kemensos sebesar Rp20,4 triliun, dimanfaatkan untuk penyaluran PKH bagi 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan kartu sembako bagi 18,7 KPM.

Kedua, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebesar Rp11,6 triliun, yang disalurkan untuk bantuan iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi 96,7 juta peserta.

Selanjutnya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang dimanfaatkan untuk bantuan PIP bagi 7,9 juta siswa dan KIP Kuliah bagi 605,4ribu mahasiswa.

Keempat, Kementerian Agama (Kemenag) sebesar Rp1,4 triliun untuk bantuan PIP bagi 1,5 juta siswa dan KIP Kuliah bagi 37,1 ribu mahasiswa. Terakhir, untuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp34 miliar untuk pelaksanaan tanggap darurat bencana.

Untuk diketahui, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan belanja pemerintah pusat pada kuartal I tercatat Rp427,6 triliun. Angka ini tercatat melonjak 23,1% dibanding realisasi periode yang sama tahun sebelumnya. Secara porsi, angkanya tercatat 17,3% dari pagu anggaran 2024.

Berdasarkan rincian data Kemenkeu, belanja K/L Rp222,2 triliun atau 20,4% dari pagu. Angka ini dipengaruhi oleh bantuan program sembako, penyaluran bansos, dan dukungan pelaksanaan Pemilu.

Kemudian, belanja non-K/L Rp205,4 triliun atau 14,9% dari pagu. Angka ini dipengaruhi oleh realisasi subsidi energi dan pembayaran manfaat pensiun.

(azr/lav)

No more pages