Logo Bloomberg Technoz

Blinken Akan Bertemu Diplomat Tertinggi China, Bahas Sanksi Rusia

News
26 April 2024 10:20

Anthony Blinken (Sumber: Bloomberg)
Anthony Blinken (Sumber: Bloomberg)

Iain Marlow - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken akan mengadakan pembicaraan alot dengan diplomat tertinggi China di Beijing, di mana ia akan memperingatkan tentang dukungan negara Asia tersebut terhadap mesin perang dan kelebihan kapasitas industri Moskow.

Pejabat senior AS ini harus menyeimbangkan kritik-kritik tersebut dengan permintaan kepada Menteri Luar Negeri China Wang Yi agar Beijing membantu mengekang program nuklir Korea Utara dan melakukan lebih banyak hal untuk meredakan ketegangan di Timur Tengah.

Dia juga harus menjelaskan dalam pembicaraan Jumat bagaimana Amerika dapat mengatakan bahwa mereka menginginkan kerja sama yang lebih baik setelah Presiden Joe Biden menandatangani undang-undang yang dapat mengusir TikTok--yang dimiliki oleh ByteDance Ltd yang berbasis di China--dari AS.

Blinken tiba di ibu kota China setelah melakukan serangkaian kegiatan ramah tamah di Shanghai pada Kamis. Kegiatan tersebut termasuk menghadiri pertandingan bola basket, makan malam di restoran pangsit, berjalan-jalan di sepanjang tepi sungai era kolonial, dan berpidato di hadapan mahasiswa AS dan China di kampus Universitas New York.