Logo Bloomberg Technoz

Blinken juga diperkirakan akan bertemu dengan Presiden Xi Jinping sebelum berbicara kepada pers dan berangkat pada Jumat malam--seperti yang dilakukannya dalam kunjungan ke China tahun lalu. Kedua belah pihak belum mengonfirmasi pembicaraan tersebut.

Kunjungan diplomat tertinggi Amerika ini dilakukan dengan latar belakang yang pelik, setelah pemerintahan Biden menjanjikan tarif baru terhadap China dan membuka penyelidikan terhadap industri pembuatan kapal yang menjadi saingannya di dunia. Gedung Putih mengirimkan sejumlah pejabat ke Beijing untuk menjaga hubungan selama musim pemilihan umum AS yang hawkish.

Dalam kunjungan ke Beijing, Menteri Keuangan Janet Yellen pada awal bulan ini mengangkat prospek sanksi baru pada institusi-institusi keuangan China yang membantu menopang basis industri pertahanan Rusia.

"Kami memiliki kewajiban bagi rakyat kami--dan memang, kewajiban bagi dunia--untuk mengelola hubungan antara kedua negara kami secara bertanggung jawab," kata Blinken kepada pejabat tinggi Partai Komunis Tiongkok di Shanghai, Chen Jining pada Kamis. Ia juga menyinggung kebijakan "non-pasar" China dan perlakuan terhadap bisnis-bisnis AS di Tiongkok.

Dengan kampanye pemilihan umum AS yang mengambil momentum dan Partai Demokrat dan Partai Republik bersumpah untuk mengambil pendekatan yang lebih keras terhadap Beijing, masih ada ruang untuk volatilitas dalam hubungan AS-China.

Hal ini terlepas dari janji kedua belah pihak untuk menjaga hubungan bilateral pada pijakan yang lebih aman setelah serangkaian insiden penting, termasuk kunjungan mantan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan dan jet-jet Angkatan Udara AS yang menembak jatuh sebuah balon yang diduga sebagai mata-mata China.

Para pejabat AS semakin khawatir bahwa dukungan ekonomi China kepada Rusia, termasuk ekspor teknologi dan komponen-komponen yang dapat digunakan ganda, telah membantu mendorong kebangkitan pasukan Rusia di Ukraina.

Meskipun para pemimpin China telah mengindahkan peringatan AS untuk tidak mengirimkan bantuan militer yang mematikan ke Kremlin dalam bentuk senjata atau amunisi, ada perasaan yang berkembang bahwa dukungan ekonomi dan industri Beijing telah membantu Rusia melawan sanksi-sanksi Barat yang ditujukan untuk melumpuhkan industri pertahanannya.

Ada juga kekhawatiran di Washington atas meningkatnya agresi China di Laut China Selatan, terutama di sekitar Thomas Shoal Kedua, di mana kapal-kapal China telah menggunakan selang yang kuat terhadap kapal-kapal yang mencoba mengisi ulang kapal yang terdampar dan sudah tua yang berfungsi sebagai pos maritim semi-permanen. Hal itu membuat pemerintahan Biden menjamu para pemimpin Jepang dan Filipina di Washington baru-baru ini, dan berjanji untuk meningkatkan kerja sama keamanan.

(bbn)

No more pages