Logo Bloomberg Technoz

Tingkat permintaan untuk ETF ke depan akan memberikan petunjuk tentang kemajuan Hong Kong. Dana China yang masuk ke Hong Kong, merupakan salah satu sumber permintaan ETF yang potensial, seperti halnya bursa kripto dan market makers yang aktif di kawasan Asia Pasifik.

Analis ETF Bloomberg Intelligence, Rebecca Sin, memperkirakan dana tersebut dapat mengumpulkan US$1 miliar aset yang dikelola selama dua tahun.

Bayang-bayang Amerika

Namun, dana Bitcoin yang berbasis di AS dari beberapa perusahaan raksasa seperti BlackRock Inc dan Fidelity Investments, telah menarik minat dan arus investasi global. Calon emiten Hong Kong - Harvest Global Investments Ltd, unit lokal China Asset Management, dan kemitraan antara HashKey Capital Ltd dan Bosera Asset Management (International) Co - tidak memiliki nama yang sama.

Pergerakan arus dana ke produk ETF Spot Bitcoin di Amerika.

"Hong Kong tidak memiliki efek 'BlackRock',” kata Roger Li, co–founder One Satoshi, jaringan toko di Hong Kong yang menawarkan konversi dana tunai dengan kripto.

Ekspektasi untuk permintaan ETF perlu dikalibrasi sejalan dengan sektor keuangan yang lebih kecil di Hong Kong, tambahnya.

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) dengan berat hati mengizinkan ETF berinvestasi langsung dalam Bitcoin, aset digital terbesar, pada bulan Januari. SEC tetap skeptis terhadap kripto setelah kekalahan pasar pada tahun 2022 bersamaan dengan kebangkrutan dan penipuan tingkat tinggi.

Hal yang membawa jalan terjal untuk produk ETF Ether yang masuk dalam agenda persetujuan.

Sebaliknya, otoritasHong Kong memberi sinyal persetujuan atas ETP spot-Bitcoin dan Ether, menurut lembaga keuangan selaku penerbit.

Perbedaan lainnya adalah bahwa HashKey Capital dan Bosera telah mengatakan bahwa ETF spot Hong Kong akan memiliki mekanisme pembelian dan penebusan dalam bentuk barang. Hal ini memungkinkan aset yang mendasarinya ditukar dengan unit ETF dan sebaliknya, sedangkan dana AS beroperasi dengan model penebusan tunai.

Peluang Arbitrase

Porsi aset kripto dunia didominasi pasar Amerika bagian utara.

Pendekatan dalam bentuk barang “sangat menarik bagi para pengguna kripto, pembuat pasar, dan bursa aset digital” karena memungkinkan efisiensi dan peluang arbitrase yang lebih besar, kata Evgeny Gaevoy, salah satu pendirco–founder Wintermute Trading Ltd, penyedia likuiditas kripto.

Produk spot Bosera-HashKey Capital akan mulai diperdagangkan pada 30 April, kata juru bicara HashKey pada hari Rabu.

Hong Kong sudah mengizinkan ETF berbasis kripto berjangka dan sejauh ini sudah ada tiga yang terdaftar: CSOP Bitcoin Futures, CSOP Ether Futures, dan Samsung Bitcoin Futures. Mereka memiliki total aset sekitar US$175 juta, sebagian kecil dari penawaran AS seperti ProShares Bitcoin Strategy ETF yang berbasis derivatif senilai US$2,5 miliar.

“Menetapkan ekspektasi yang realistis untuk pasar ETF Hong Kong sangat penting, terutama ketika mempertimbangkan ukuran yang relatif sederhana dari ETF berjangka yang ada di kawasan ini,” kata Gaevoy.

Selain memberikan lampu hijau untuk ETF spot, para pejabat sedang mengevaluasi sekitar puluhan aplikasi untuk memperluas daftar dua bursa aset digital berlisensi di Hong Kong saat ini.

Hong Kong juga sedang mengerjakan kerangka kerja untuk stablecoin, jenis token yang dipatok 1-1 dengan mata uang fiat dan biasanya didukung oleh cadangan uang tunai dan obligasi.

(bbn)

No more pages