Logo Bloomberg Technoz

Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengumumkan nilai impor pada Maret sebesar US$17,96 miliar. Turun 12,76% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy). Sedangkan dibandingkan Februari (month-to-month/mtm), impor turun 2,6 %.

Selain itu, Amalia juga melaporkan nilai ekspor RI pada Maret 2024 sebesar US$22,43 miliar. Dengan demikian, neraca perdagangan Indonesia bulan lalu mengalami surplus US$4,47 miliar.

Neraca perdagangan Indonesia sudah mengalami surplus selama 47 bulan beruntun. Kali terakhir neraca perdagangan mengalami defisit adalah pada April 2020.

Pada pemberitaan sebelumnya, Febrio mengakui aktivitas ekonomi sepanjang 2024 masih akan diwarnai berbagai tantangan yang akan menghambat aktivitas perdagangan global. Tantangan yang dimaksud yakni tensi geopolitik dan fragmentasi ekonomi yang akan berpengaruh terhadap rantai pasok global.

"Selain itu, tekanan nilai tukar dan sektor keuangan, serta perlambatan ekonomi China sebagai negara mitra dagang utama Indonesia," ujar Febrio dalam keterangan tertulis, Selasa (23/4/2024).

Menurut World Economic Outlook (WEO) yang terbit pada April 2024, pertumbuhan ekonomi global 2024 diproyeksi akan sebesar 3,2%, masih berada di bawah rata-rata tahunan historis (2000–2019) yang mencapai 3,8%.

Kendati penuh tantangan, Febrio mengatakan pemerintah akan terus memantau dampak perlambatan ekonomi global dan kondisi geopolitik, termasuk konflik Iran-Israel terhadap ekspor nasional.

"Pemerintah juga akan menyiapkan langkah antisipasi melalui dorongan terhadap keberlanjutan hilirisasi sumber daya alam, peningkatan daya saing produk ekspor nasional, serta diversifikasi mitra dagang utama,” kata Febrio.

(azr/lav)

No more pages