Logo Bloomberg Technoz

Kuartal I, Kredit Bank Melonjak 12,4%, DPK Cuma Tumbuh 7,4%

Azura Yumna Ramadani Purnama
24 April 2024 14:56

Ilustrasi ATM Bank. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ilustrasi ATM Bank. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan kredit perbankan tumbuh 12,4% pada kuartal I 2024, didorong oleh pertumbuhan kredit pada hampir seluruh sektor ekonomi.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, dari sisi penawaran, tingginya pertumbuhan kredit ditopang terjaganya appetite perbankan yang didukung oleh permodalan yang tinggi dan likuiditas yang memadai. Kendati demikian, pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) pada Maret 2024 hanya 7,44% (YoY).

"Ketersediaan likuiditas perbankan tercermin pada tingginya rasio Alat Likuid terhadap Dana Pihak Ketiga (AL/DPK) sebesar 27,18% yang didukung oleh Kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial (KLM) BI," ujar Perry dalam Konferensi Pers usai Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI, Rabu (24/4/2024).

Untuk mencapai target pertumbuhan kredit 2024  perbankan mengoptimalkan pendanaan kredit melalui strategi pengelolaan aset dengan memperhatikan aspek keamanan, likuiditas, dan profitabilitas.

Sementara itu, dari sisi permintaan, pertumbuhan kredit didukung oleh kinerja penjualan dan investasi korporasi yang diprakirakan terus meningkat pasca Pemilu serta kinerja rumah tangga yang terjaga.