Logo Bloomberg Technoz

Harga Tembaga Dekati US$10.000, Didorong Pemulihan Ekonomi Global

News
22 April 2024 13:20

Tembaga (Dok: Bloomberg)
Tembaga (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Harga tembaga semakin mendekati US$10.000 per ton setelah reli pada bulan April. Hal tersebut didorong oleh spekulasi bahwa pemulihan ekonomi global akan meningkatkan permintaan bahan-bahan industri.

Logam telah membukukan kenaikan besar dalam beberapa pekan terakhir, dan tembaga dibuka pada Senin (22/04/2024) dengan kenaikan baru ke level tertinggi dalam dua tahun. Tanda-tanda perbaikan aktivitas manufaktur dari AS hingga China telah mengangkat harga logam, dan inflasi yang membandel menarik minat baru terhadap komoditas.

Investor sedang menghadapi perubahan pada jalur bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) dalam penurunan suku bunga. Gubernur Jerome Powell memberi sinyal pekan lalu bahwa bank sentral akan membutuhkan "waktu lebih lama dari yang diperkirakan" untuk memastikan bahwa inflasi terkendali.

Harga tembaga naik 1% pada Senin pagi menjadi US$9.970 per ton, sebelum diperdagangkan di US$9.950 pada pukul 9:55 pagi di Shanghai. Logam lain bervariasi, dengan aluminium dan seng sedikit lebih rendah.