Logo Bloomberg Technoz

Astronom Temukan Lubang Hitam Besar, 33 Kali Massa Matahari

Redaksi
21 April 2024 17:15

Lubang Hitam atau Black Hole. (Dok: Space.com)
Lubang Hitam atau Black Hole. (Dok: Space.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Para astronom menemukan black hole atau lubang hitam dengan massa terbesar di galaksi Bima Sakti setelah mendeteksi pergerakan yang tidak biasa di luar angkasa.

Seperti dilaporkan CNN, raksasa yang sedang tidur ini, dinamai Gaia BH3, memiliki massa hampir 33 kali massa matahari. Lubang hitam tersebut terletak 1.926 tahun cahaya di rasi bintang Aquila, menjadikannya lubang hitam terdekat kedua yang diketahui dari Bumi. Lubang hitam terdekat adalah Gaia BH1, yang terletak sekitar 1.500 tahun cahaya dan memiliki massa hampir 10 kali massa matahari.

Lubang hitam tersebut ditemukan saat para astronom menyisir pengamatan yang diambil oleh teleskop luar angkasa Gaia milik Badan Antariksa Eropa. Mereka tidak berharap menemukan apa pun. Namun sebuah pergerakan aneh, yang disebabkan oleh pengaruh gravitasi Gaia BH3 pada bintang pendamping di dekatnya, menarik perhatian mereka.

Para peneliti menggunakan Very Large Telescope milik European Southern Observatory di Gurun Atacama, Chili, dan observatorium berbasis darat lainnya untuk mengkonfirmasi massa Gaia BH3. Hasil studi mereka juga menawarkan petunjuk baru tentang bagaimana lubang hitam sebesar itu bisa terbentuk. Temuan tersebut muncul pada hari Selasa (16/04/2024) di jurnal Astronomy & Astrophysics.

"Tidak ada yang menyangka akan menemukan lubang hitam bermassa tinggi yang mengintai di dekatnya, yang tidak terdeteksi sejauh ini," kata penulis utama studi Pasquale Panuzzo, seorang astronom di Observatoire de Paris, bagian dari Pusat Penelitian Nasional Prancis, dan anggota kolaborasi Gaia, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari CNN. "Ini adalah jenis penemuan yang Anda lakukan sekali dalam kehidupan penelitian Anda."