Logo Bloomberg Technoz

"RUU bantuan AS yang penting yang disahkan hari ini oleh DPR akan mencegah perang meluas, menyelamatkan ribuan nyawa, dan membantu kedua negara kita menjadi lebih kuat," kata Zelenskiy di X.

Tidak jelas seberapa cepat dana militer baru untuk Ukraina akan habis, sehingga kemungkinan akan menimbulkan seruan untuk tindakan lebih lanjut oleh Kongres.

Biden, yang telah mendesak Kongres sejak tahun lalu untuk menyetujui bantuan tambahan untuk Ukraina, mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Ini datang pada saat yang sangat mendesak, dengan Israel menghadapi serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari Iran dan Ukraina di bawah bombardir yang terus menerus dari Rusia."

Hasil pemungutan suara untuk meloloskan pendanaan Ukraina adalah 311-112. Secara signifikan, 112 anggota Partai Republik menentang legislasi tersebut, dengan hanya 101 yang mendukung.

"Mike Johnson adalah bebek lumpuh... dia sudah selesai," kata Perwakilan Partai Republik sayap kanan Marjorie Taylor Greene kepada para wartawan setelahnya.

Dia telah menjadi penentang utama dalam membantu Ukraina dalam perangnya melawan Rusia dan telah mengambil langkah-langkah yang mengancam untuk mencopot Johnson dari jabatannya karena masalah ini. Namun, Greene tidak jadi melakukannya pada Sabtu.

Selama pemungutan suara, beberapa anggota parlemen melambaikan bendera Ukraina kecil saat menjadi jelas bahwa elemen dari paket tersebut akan disahkan. Johnson memperingatkan para anggota parlemen bahwa hal itu merupakan "pelanggaran kesopanan."

Sementara itu, tindakan DPR selama sesi yang jarang terjadi pada Sabtu menunjukkan beberapa celah dalam apa yang umumnya merupakan dukungan solid untuk Israel di dalam Kongres. Beberapa bulan terakhir ini, para anggota Partai Demokrat progresif telah menunjukkan kemarahan mereka terhadap pemerintah Israel dan tindakannya dalam perang di Gaza.

Pemungutan suara pada Sabtu, di mana bantuan Israel diloloskan dengan suara 366-58, dengan 37 anggota Partai Demokrat dan 21 anggota Partai Republik menentang.

Pengesahan undang-undang yang telah lama ditunggu-tunggu ini diawasi dengan ketat oleh para kontraktor pertahanan AS, yang bisa jadi akan mendapatkan kontrak besar untuk memasok peralatan bagi Ukraina dan mitra-mitra AS lainnya.

Johnson minggu ini memilih untuk mengabaikan ancaman penggulingan oleh anggota garis keras dari mayoritas 218-213 yang terpecah belah dan mendorong maju langkah yang mencakup pendanaan Ukraina saat negara itu berjuang untuk melawan invasi Rusia selama dua tahun.

Paket empat rancangan undang-undang yang tidak biasa ini juga mencakup sebuah langkah yang mencakup ancaman untuk melarang aplikasi media sosial TikTok yang dimiliki oleh Tiongkok dan potensi transfer aset-aset Rusia yang disita ke Ukraina.

Beberapa anggota Partai Republik garis keras yang menyuarakan penolakan keras terhadap bantuan lebih lanjut untuk Ukraina berargumen bahwa Amerika Serikat tidak mampu membayarnya karena utang nasionalnya yang meningkat sebesar US$34 triliun. Mereka telah berulang kali mengangkat ancaman untuk menggulingkan Johnson, yang menjadi ketua DPR pada Oktober setelah pendahulunya, Kevin McCarthy, digulingkan oleh para anggota partai garis keras.

"Ini bukan legislasi yang sempurna, ini bukan legislasi yang akan kami tulis jika Partai Republik menguasai DPR, Senat, dan Gedung Putih," kata Johnson kepada para wartawan pada Jumat. "Ini adalah produk terbaik yang bisa kita dapatkan dalam situasi seperti ini untuk mengurus kewajiban-kewajiban yang sangat penting ini."

Representatif Bob Good, ketua Kaukus Kebebasan DPR yang berhaluan keras, mengatakan kepada para wartawan pada Jumat bahwa rancangan undang-undang tersebut mewakili "penurunan ke dalam jurang krisis fiskal yang lebih besar dan kebijakan-kebijakan terakhir Amerika yang mencerminkan Biden dan (Pemimpin Mayoritas Senat dari Partai Demokrat, Chuck) Schumer serta (pemimpin Partai Demokrat di DPR, Hakeem) Jeffries, dan tidak mencerminkan rakyat Amerika."

Namun, calon presiden dari Partai Republik Donald Trump, yang memiliki pengaruh besar di partai tersebut, pada 12 April menyuarakan dukungannya untuk Johnson dan dalam sebuah unggahan di media sosial pada Kamis mengatakan bahwa kelangsungan hidup Ukraina penting bagi AS.

(red)

No more pages