Logo Bloomberg Technoz

DPR AS Loloskan Paket Bantuan Ukraina & Israel Senilai Rp1.500 T

Redaksi
21 April 2024 07:45

Ilustrasi Amerika Serikat (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Amerika Serikat (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (19/4) dengan dukungan bipartisan yang luas meloloskan paket legislasi senilai US$95 miliar atau sekira Rp1.500 triliun yang memberikan bantuan keamanan kepada Ukraina, Israel, dan Taiwan, meskipun ada keberatan dari kelompok garis keras Partai Republik.

Legislasi ini sekarang diteruskan ke Senat yang mayoritas Demokrat, yang meloloskan langkah serupa lebih dari dua bulan yang lalu. Para pemimpin AS mulai dari Presiden Joe Biden dari Partai Demokrat hingga petinggi Senat dari Partai Republik, Mitch McConnell, mendesak Ketua DPR dari Partai Republik, Mike Johnson, untuk mengajukan RUU tersebut untuk pemungutan suara.

Senat akan mulai mempertimbangkan RUU yang disahkan DPR pada Selasa, dengan beberapa pemungutan suara awal pada sore hari. Pengesahan akhir diperkirakan akan dilakukan minggu depan, yang akan membuka jalan bagi Biden untuk menandatanganinya menjadi undang-undang.

RUU ini menyediakan US$60,84 miliar untuk mengatasi konflik di Ukraina, termasuk US$23 miliar untuk menambah persenjataan, persediaan dan fasilitas AS; US$26 miliar untuk Israel, termasuk US$9,1 miliar untuk kebutuhan kemanusiaan, dan US$8,12 miliar untuk Indo-Pasifik, termasuk Taiwan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menyampaikan terima kasihnya, dan mengatakan bahwa para anggota parlemen AS telah bergerak untuk menjaga "sejarah tetap berada di jalur yang benar."