Logo Bloomberg Technoz

Rupiah Makin Ambles, SMI dan Perry Tenangkan Pasar

Ruisa Khoiriyah
19 April 2024 09:31

Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Dok: Kementerian Keuangan)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Dok: Kementerian Keuangan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rupiah semakin terpuruk mendekati level psikologis terlemah baru dalam pembukaan perdagangan hari ini, Jumat (19/4/2024).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indarwati dan Gubernur Perry Warjiyo memberikan pernyataan agar pasar tidak semakin panik di tengah kepungan sentimen hawkish Federal Reserve dan krisis geopolitik menyusul serangan Israel ke Iran pagi ini.

"Bank Indonesia akan terus memastikan stabilitas rupiah tetap terjaga melalui intervensi valas dan langkah-langkah lain yang diperlukan," demikian pernyataan Perry di sela-sela Sidang IMF World Bank di Washington DC, dikutip hari ini dari website resmi Bank Indonesia.

Ini adalah pernyataan pertama Perry selaku Gubernur BI sejak rupiah menjebol level Rp16.000/US$ pasca libur Lebaran berakhir.

Perry bilang, perekonomian Indonesia termasuk salah satu negara emerging market yang kuat dalam menghadapi dampak rambatan global akibat ketidakpastian penurunan Fed Fund Rate (FFR) dan peningkatan ketegangan geopolitik di Timur Tengah.