Logo Bloomberg Technoz

Negara G7 Pertimbangkan Sanksi Udara Baru Iran Usai Serang Israel

News
18 April 2024 13:45

Iran Serang Israel (Dok. Bloomberg)
Iran Serang Israel (Dok. Bloomberg)

Alberto Nardelli dan Jennifer Jacobs - Bloomberg News

Bloomberg, Beberapa negara Kelompok Tujuh (G-7) sedang mempertimbangkan sanksi baru terhadap Iran Air sebagai tanggapan atas serangan Teheran pada 13 April terhadap Israel, sebuah langkah yang akan semakin membatasi penerbangan maskapai Iran tersebut ke Eropa, orang-orang yang mengetahui hal tersebut mengatakan.

Sanksi-sanksi tersebut akan menjadi bagian dari serangkaian hukuman yang lebih luas yang dimaksudkan untuk mengisolasi Iran lebih jauh setelah serangan tersebut, yang membuat rezim tersebut meluncurkan sekitar 300 pesawat tak berawak dan rudal dalam serangan langsung pertama terhadap Israel. Pertahanan udara dan jet tempur Israel, AS dan Inggris berhasil menjatuhkan hampir semua senjata yang masuk.

Keputusan akhir mengenai tindakan yang akan dikenakan terhadap Iran masih belum selesai, menurut orang-orang yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena sedang melakukan pembahasan pribadi.

Langkah ini juga telah diajukan sebagai opsi jika Iran memberikan rudal kepada Rusia, kata salah satu orang tersebut. Di Uni Eropa, sanksi membutuhkan dukungan dari semua negara anggota.