Logo Bloomberg Technoz

Ada Arab Saudi & UEA di Balik Tangkisan Israel atas Serangan Iran

Redaksi
17 April 2024 13:15

Iran Serang Israel (Dok. Bloomberg)
Iran Serang Israel (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Arab Saudi dan UEA berbagi informasi intelijen dengan AS dan Israel menjelang serangan pesawat tak berawak dan rudal Iran ke Israel, Wall Street Journal (WSJ) melaporkan pada Senin.

Pada Sabtu malam, Iran melancarkan serangan berskala besar ke Israel, menembakkan lebih dari 300 drone dan rudal, yang sebagian besar berhasil dicegat.

Serangan tersebut dilakukan sebagai respons atas serangan Israel terhadap gedung konsuler Iran di Suriah pada awal bulan ini, yang menewaskan tujuh perwira Korps Garda Revolusi Islam Iran.

Menurut WSJ, Israel mampu mencegat hampir semua pesawat tak berawak tersebut karena keterlibatan negara-negara Arab, yang memberikan informasi intelijen tentang serangan tersebut sebelum serangan itu terjadi, membuka wilayah udara mereka untuk pesawat tempur, berbagi informasi pelacakan radar dan dalam beberapa kasus, memasok pasukan mereka sendiri untuk membantu.

Laporan tersebut mengatakan bahwa dua hari sebelum serangan terhadap Israel, para pejabat Iran memberikan pengarahan kepada rekan-rekan mereka dari Arab Saudi dan negara-negara Teluk lainnya, memberikan mereka garis besar dan waktu rencana mereka sehingga mereka dapat menjaga wilayah udara.