Logo Bloomberg Technoz

Eks Ajudan SYL Ungkap Transaksi Penyerahan Uang ke Firli Bahuri

Muhammad Fikri
18 April 2024 11:30

Ketua KPK Firli Bahuri menutupi wajahnya usai menjalani pemeriksaan. (Istimewa)
Ketua KPK Firli Bahuri menutupi wajahnya usai menjalani pemeriksaan. (Istimewa)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mantan Ajudan eks Menteri Pertanian (Kementan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), Panji Harjanto mengungkapkan terdapat satu tas hitam yang berisi uang yang diserahkan ke eks Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

Dalam keterangannya, Panji bersaksi bahwa terdapat satu tas hitam berisikan uang dolar AS yang diperintahkan oleh Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan, Muhammad Hatta kepadanya untuk diberikan kepada ajudan Firli Bahuri di Gelanggang Olahraga (GOR) Bulutangkis, Mangga Besar, Jakarta Pusat tahun 2022.

“Perintahnya [Muhammad Hatta] saya kasih ke ajudan, sesama ajudan.” kata Panji di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rabu (17/4/2024).

Panji mengaku tidak mengetahui jumlah uang yang terdapat pada tas tersebut. Namun, Ketua Majelis Hakim Rianto Adam Pontoh memperingatkan Panji untuk mencoba kembali mengingat berapa jumlah uang yang terdapat pada tas tersebut.

Mantan Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) hadir saat konfrensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

“Coba saudara ingat, ini keterangan saudara ada disini, saya hanya ingatkan saja, apakah Rp2 miliar, Rp1 miliar, atau berapa, apakah saudara lihat nggak?” tegas Hakim Rianto.