Logo Bloomberg Technoz

Melansir New Arab, Rabu (17/4/2024), informasi tersebut kemudian diteruskan ke AS dan Israel, memberikan mereka peringatan sebelumnya.

Sejak serangan Israel terhadap gedung konsuler Iran di Damaskus, para pejabat AS mulai menekan pemerintah Arab untuk berbagi informasi intelijen tentang rencana serangan Iran terhadap Israel.

Setelah tanggapan awal yang waspada, UEA dan Arab Saudi secara pribadi berbagi informasi intelijen, sementara Yordania mengatakan akan mengizinkan pesawat tempur AS dan negara lain untuk menggunakan wilayah udaranya, serta menggunakan pesawatnya untuk membantu mencegat rudal dan pesawat tak berawak Iran.

Sebagai tanggapan, Gedung Putih memerintahkan Pentagon untuk memposisikan ulang sumber daya pertahanan pesawat dan rudal, kata seorang pejabat Israel.

Para pejabat yang berbicara dengan WSJ menambahkan bahwa rudal dan drone Iran dilacak sejak diluncurkan, oleh radar peringatan dini di negara-negara Teluk Persia yang terhubung dengan pusat operasi AS di Qatar.

Pusat operasi tersebut mengirimkan informasi tersebut ke jet-jet tempur dari beberapa negara di wilayah udara di atas Yordania dan negara-negara lain, serta ke kapal-kapal perang di laut dan baterai-baterai pertahanan rudal di Israel.

Israel melaporkan beberapa kerusakan pada beberapa pangkalan udara sementara Amerika Serikat mengatakan akan mendiskusikan respon diplomatik dengan negara-negara besar pada Minggu.

(ros)

No more pages