Logo Bloomberg Technoz

Mudik Lebaran 2024, Polri Laporkan Tilang ETLE Meningkat 15,9%

Redaksi
16 April 2024 19:40

Ilustrasi kamera ETLE. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi kamera ETLE. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Penegakan Hukum Korps Lalu Lintas Polri, Brigadir Jenderal Raden Slamet Santoso mengatakan, angka tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) selama masa mudik dan balik lebaran 2024 naik 15,9% dibandingkan pada 2023.

“Dari data kami itu ETLE statis itu hampir naik 91% dibanding tahun lalu kemudian ETLE mobile itu naik 13% Sehingga total pelanggaran yang kita tindak itu naik 15,9%,” kata Raden Slamet, Selasa (16/4/2024).

Menurut dia, peningkatan angka pelanggar tersebut selaras dengan penerapan perluasan lokasi kamera ETLE di sejumlah kota, termasuk pada jalur mudik dan balik Idulfitri 1445 Hijriah. Keberadaan kamera ETLE baru ini menjaring sejumlah pelanggar di beberapa lokasi.

“Peralatan ETLE kami tahun ini sudah semakin banyak hampir di tiap kota sudah ada di setiap provinsi sudah ada,” ujar dia.

Selain perluasan lokasi ETLE, menurut Raden, para pemudik dan masyarakat tercatat mengabaikan sosialisasi penerapan kebijakan ganjil genap di sejumlah ruas jalur mudik dan balik. Padahal, kepolisian sudah menyebarkan informasi mengenai penerapan tilang ganjil genap sebagai salah satu cara mengurai kepadatan jalan tol.