Logo Bloomberg Technoz

Menkominfo: Starlink Masuk Indonesia, Uji Coba di IKN Mei 2024

Pramesti Regita Cindy
16 April 2024 12:45

Perangkat Starlink di Darat.
Perangkat Starlink di Darat.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan internet dari SpaceX, Starlink, milik Elon Musk, akan melakukan uji coba di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) pada Mei 2024.

"Nanti bulan Mei [uji coba Starlink]," ungkap Budi ketika ditemui di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Sebelum dapat digunakan secara luas oleh masyarakat, terlebih ketika nanti saat peringatan Hari Kemerdekaan di IKN, Starlink kata Budi harus terlebih dahulu melakukan dan lolos Uji Laik Operasi (ULO).

ULO merupakan proses pengujian sistem secara teknis dan operasional dalam rangka memastikan pemenuhan standar minimum dalam penyelenggaraan telekomunikasi, dengan tujuan untuk memeriksa hingga memvalidasi baik sarana maupun prasarana yang dibangun telah siap.

"Kalau uji cobanya berlangsung baik terus ULO nya Uji Layak Operasinya bisa kita keluarkan, dan memenuhi semua peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, kita izinkan Starlink beroperasi," tegasnya.