Logo Bloomberg Technoz

Selama libur lebaran, lanjut Edi, Pasar Non-deliverable forward (NDF) atau kontrak derivatis valuta asing rupiah di offshore sudah tembus di atas Rp16.000, tepatnya Rp16.100, sehingga rupiah dibuka di sekitar angka tersebut. 

Sebagai informasi, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah tajam pada perdagangan hari ini. Di pasar spot, rupiah bahkan menyentuh level Rp 16.201/US$ pada Selasa (16/4/2024) pukul 09:21 WIB. Rupiah anjlok 2,23% dibandingkan penutupan perdagangan sebelum libur panjang Idulfitri.

Bank sentral mengaku akan melakukan sejumlah upaya untuk memperkuat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Beberapa di antaranya adalah: Pertama, mengelola stabilitas rupiah dengan menjaga keseimbangan suplai dan permintaan valuta asing (valas) di pasar melalui intervensi triplet atau triple intervention, khususnya di pasar spot dan Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF).

"Kedua, ,eningkatkan daya tarik aset rupiah untuk mendorong aliran modal asing masukg atau capital inflow, seperti melalui daya tarik Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) dan hedging cost," ujar Edi.

Langkah ketiga ialah berkoordinasi dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan terkait, seperti dengan pemerintah, Pertamina dan lainnya.

(lav)

No more pages