Logo Bloomberg Technoz

Penjualan Ritel AS Melebihi Perkiraan, Tunjukkan Pertumbuhan Kuat

News
15 April 2024 20:30

Konsumen belanja di ritel AS. (Dok: Bloomberg)
Konsumen belanja di ritel AS. (Dok: Bloomberg)

Augusta Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Penjualan ritel AS naik lebih dari perkiraan di Maret dan bulan sebelumnya direvisi lebih tinggi. Hal ini menunjukkan permintaan konsumen yang tangguh yang kemungkinan besar akan mendukung pertumbuhan ekonomi yang kuat di kuartal pertama.

Nilai pembelian ritel, yang tidak disesuaikan dengan inflasi, naik 0,7% dari Februari, data Departemen Perdagangan menunjukkan pada Senin. Angka tersebut sesuai dengan estimasi tertinggi dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom. Tidak termasuk mobil dan bensin, penjualan naik 1%.

Metrik Aktual Perkiraan
Penjualan ritel (MoM) +0,7%  +0,4%
Penjualan mobil, gas (MoM)  +1.0%  +0.3%
Penjualan 'kelompok kontrol' (MoM) +1.1% +0.4%


Penjualan kelompok kontrol--yang digunakan untuk menghitung produk domestik bruto--naik 1,1%, terbesar sejak awal tahun lalu. Ukuran ini tidak termasuk layanan makanan, diler mobil, toko bahan bangunan, dan pom bensin. Hal ini kemungkinan menjadi pertanda baik untuk PDB kuartal pertama, terutama setelah angka Februari direvisi lebih tinggi.

Delapan dari 13 kategori membukukan kenaikan, dipimpin oleh e-commerce. Penerimaan di pom bensin naik karena harga-harga melonjak di bulan tersebut, sementara penjualan mobil menurun.