Logo Bloomberg Technoz

Pengiriman iPhone Merosot 10% Kuartal I, Pesaing Android Agresif

News
15 April 2024 12:00

Penjualan iPhone.
Penjualan iPhone.

Vlad Savov - Bloomberg News

Bloomberg, Pengiriman iPhone Apple Inc. turun 10% lebih besar dari perkiraan pada kuartal I 2024, mencerminkan lesunya penjualan di China, meskipun industri ponsel pintar secara luas mengalami rebound.

Perusahaan mengirimkan 50,1 juta iPhone dalam tiga bulan pertama, menurut angka awal IDC, jauh di bawah rata-rata perkiraan analis yang dikumpulkan oleh Bloomberg, yakni sebesar 51,7 juta unit pada periode tersebut.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California ini telah berjuang untuk mempertahankan penjualan di pasar ponsel pintar terbesar di dunia sejak debut generasi iPhone terbarunya pada September. Kebangkitan Huawei Technologies Co., persaingan domestik yang lebih ketat, dan larangan Beijing terhadap perangkat asing di tempat kerja semuanya membebani penjualan.

Kemerosotan ini terutama terlihat ketika pasar seluler secara keseluruhan mencatat pertumbuhan terbaiknya dalam beberapa tahun terakhir. Produsen ponsel pintar mengirimkan 289,4 juta ponsel pada periode tersebut, menandai peningkatan sebesar 7,8% dibandingkan tahun lalu, ketika banyak produsen bergulat dengan banyaknya perangkat yang tidak terjual.