Logo Bloomberg Technoz

Samsung Electronics Co. mendapatkan kembali posisi teratas pada kuartal Maret, sementara merek Transsion yang berfokus pada anggaran meningkatkan pengiriman sebesar 85% dan Xiaomi Corp. bangkit kembali untuk menutup kesenjangan dengan Apple yang berada di posisi kedua.

“Pasar ponsel pintar bangkit dari gejolak yang terjadi dalam dua tahun terakhir, baik lebih kuat maupun lebih berubah,” kata Nabila Popal, direktur riset di IDC. “Meskipun dua pemain teratas mengalami pertumbuhan negatif pada kuartal pertama, tampaknya Samsung berada dalam posisi yang lebih kuat secara keseluruhan dibandingkan pada kuartal terakhir.”

Pemasok utama Apple, Hon Hai Precision Industry Co., Murata Manufacturing Co., LG Innotek Co. dan TDK Corp. melemah pada awal perdagangan Asia pada hari Senin, di tengah aksi jual yang lebih luas di tengah kekhawatiran meningkatnya konflik di Timur Tengah.

Selama pandemi, iPhone Apple menunjukkan ketahanan terbesar ketika konsumen menarik diri dari pembelian ponsel pintar oleh sebagian besar pesaingnya yang menggunakan Android. Penumpukan inventaris ini menyebabkan penetapan harga yang agresif oleh pesaing China seperti Xiaomi, yang memerlukan waktu berbulan-bulan untuk menghabiskan kelebihan pasokan mereka dan kini mulai meningkatkan pengiriman kembali. Kembalinya Huawei yang mengejutkan pada tahun lalu – dengan chip buatan China dan sistem operasi HarmonyOS pada seri Mate 60 – telah mengikis pangsa Apple di pasar premium China sejak Agustus.

“Meningkatnya persaingan di China adalah bagian besar dari penurunan Apple di Q1,” kata Popal. Di tempat lain, sejumlah wilayah memulai tahun ini dengan kelebihan persediaan iPhone setelah pengiriman besar-besaran pada bulan-bulan terakhir tahun 2023, tambahnya.

Harga jual rata-rata ponsel meningkat karena konsumen semakin memilih model premium yang ingin mereka pakai lebih lama, demikian temuan peneliti IDC. Apple, yang secara konsisten mempertahankan ASP tertinggi di industrinya, telah memimpin dalam hal ini, dengan konsumen menunjukkan preferensi yang berbeda terhadap model tingkat yang lebih tinggi. Namun, tahun ini perusahaan tersebut menggunakan diskon yang tidak biasa untuk memacu penjualan, dengan beberapa mitra ritel di Tiongkok mengambil potongan sebesar $180 dari harga reguler.

Pada Maret, Apple membuka toko baru yang besar di pusat pusat keuangan Shanghai, dengan dihadiri oleh Chief Executive Officer Tim Cook. China adalah tuan rumah bagi jaringan ritel terbesar perusahaan tersebut di luar AS dan menyumbang sekitar seperlima dari penjualan, yang masih didorong oleh iPhone. 

Namun, banyak peserta yang berbicara dengan Bloomberg pada peluncuran toko di Shanghai telah memperoleh iPhone mereka lebih dari dua tahun lalu. Meskipun para penggemar Apple mengatakan bahwa mereka bermaksud untuk tetap berada dalam ekosistem Apple, beberapa mengatakan mereka juga mempertimbangkan opsi perangkat lipat dari pesaingnya atau penerus Huawei Mate 60.

Pengiriman handset Xiaomi pada kuartal pertama sebanyak 40,8 juta unit, menurut IDC, melonjak 33,8% dari tahun ke tahun sementara Apple dan Samsung menurun. Analis Steven Tseng dan Sean Chen menilai penjualan ponsel yang kuat kemungkinan besar didorong oleh pemulihan pasar luar negeri dan mungkin menyebabkan pertumbuhan penjualan remaja yang tinggi pada kuartal pertama. Peluncuran kendaraan listrik pertamanya dapat memberikan peningkatan tambahan pada pendapatannya pada tahun 2024, yang mungkin meningkat pada tingkat pertengahan remaja.

(bbn)

No more pages