Logo Bloomberg Technoz

Produksi iPhone di India Capai Rp221,8 T, Bayangi Dominasi China

News
10 April 2024 13:10

Ilustrasi jaringan ritel Apple India yang menjual iPhone. India menjadi calon basis produksi baru seri iPhone 15. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi jaringan ritel Apple India yang menjual iPhone. India menjadi calon basis produksi baru seri iPhone 15. (Dok: Bloomberg)

Sankalp Phartiyal - Bloomberg News

Bloomberg,  Apple Inc. merakit iPhone senilai $14 miliar di India selama 2023, menggandakan produksinya sebagai tanda bahwa Apple mempercepat upaya untuk melakukan diversifikasi di luar Tiongkok.

Raksasa teknologi AS ini kini memproduksi 14% atau sekitar 1 dari 7 perangkat produksinya dari India, kata orang-orang yang mengetahui masalah tersebut, dan menolak menyebutkan namanya karena informasi tersebut tidak bersifat publik.

Peningkatan ini menunjukkan bahwa Apple mempercepat upayanya untuk mengurangi ketergantungan ke China ketika ketegangan geopolitik meningkat. Namun China tetap menjadi pusat pembuatan iPhone terbesar dan pasar luar negeri terbesar. Inilah yang menyebabkan pendapatan Apple anjlok karena terpukul oleh pesaing besarnya seperti Huawei Technologies Co. dan semakin meluasnya larangan penggunaan teknologi asing di tempat kerja.

Lonjakan besar dalam aktivitas di India menandai kemenangan bagi pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi, yang telah memberikan insentif keuangan kepada perusahaan-perusahaan asing termasuk Apple untuk mencoba dan menarik manufaktur kelas atas. Pemerintah mengatakan pertumbuhan manufaktur telah menciptakan 150.000 lapangan kerja langsung di pemasok Apple.