Logo Bloomberg Technoz

Kemlu RI Imbau WNI Tunda Perjalanan ke Israel & Iran

Pramesti Regita Cindy
15 April 2024 11:20

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha. (Screenshot Zoom Meeting)
Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha. (Screenshot Zoom Meeting)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia mengimbau kepada Warga Negara Indonesia atau WNI agar menunda perjalanan yang tidak penting ke Israel dan Iran, buntut dari serangan balasan Iran terhadap Israel.

"Kementerian Luar Negeri telah menyampaikan imbauan untuk meningkatkan kewaspadaan dan menunda perjalanan yang tidak esensial ke Israel maupun ke Iran dan jika terjadi situasi kedaruratan agar segera menghubungi hotline perwakilan RI yang terdekat," imbau Direktur Pelindungan Warga Negara Indonesia Kemlu RI, Judha Nugraha dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (15/4/2024).

Dalam catatan Kemlu, Judha menyebut saat ini terdapat 115 orang WNI di Israel dan 376 orang WNI di Iran. Namun kondisi WNI di dua negara itu aman meski situasi sedang memanas.

"Kementerian Luar Negeri telah memantau dari dekat situsi eskalasi pascaserangan Israel ke fasilitas diplomatik Iran yang ada di Damaskus, termasuk situasi dan kondisi WNI di kawasan. KBRI Amman telah menjalani komunikasi dengan warga negara Indonesia di Israel hingga saat ini tidak ada informasi WNI yang terdampak atas serangan balasan Iran kepada Israel," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Israel bersiap untuk menghadapi respon Iran atas dugaan serangan Israel terhadap kedutaan besar Iran di Suriah pada tanggal 1 April.