Logo Bloomberg Technoz

Bursa Saham Asia Bersiap Jatuh Buntut Ketegangan Iran vs Israel

News
15 April 2024 06:25

Ilustrasi Bursa Asia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Bursa Asia. (Dok: Bloomberg)

Matthew Burgess - Bloomberg News

Bloomberg, Bursa saham Asia diperkirakan akan turun pada Senin (15/04/2024). Para pedagang bergulat dengan meningkatnya ketegangan di Timur Tengah setelah serangan Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya ke Israel pada akhir pekan lalu.

Kontrak berjangka ekuitas di Australia, China, dan Jepang menunjukkan penurunan awal setelah saham AS mengalami sesi terburuk sejak Januari pada Jumat (12/04/2024) di tengah pelarian ke aset aman untuk mengantisipasi serangan Iran. Yen Jepang dan Franc Swiss, yang secara tradisional dilihat sebagai mata uang safe haven, sedikit menguat pada perdagangan awal Senin. Minyak dibuka stabil di Asia sementara emas naik 0,7%.

Ketika para investor sudah terguncang oleh inflasi yang tinggi dan prospek suku bunga yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama, eskalasi krisis di Timur Tengah semakin menambah volatilitas baru ke pasar. Seiring meluasnya konflik, banyak yang memperkirakan minyak bisa melampaui US$100 per barel dan memperkirakan pelarian ke Treasury, emas, dan dolar, bersamaan dengan penurunan pasar saham lebih lanjut.

Meskipun Iran mengatakan "masalah ini dapat dianggap selesai," para pelaku pasar sekarang menunggu tanggapan Israel dan apakah konflik tersebut akan berubah menjadi perang regional yang meluas. Namun, kecemasan mungkin mereda setelah laporan bahwa Presiden AS Joe Biden memberi tahu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa AS tidak akan mendukung serangan balik Israel terhadap Iran.

Bloomberg Dollar Spot Index.