Logo Bloomberg Technoz

Buntut Iran Vs Israel, Maskapai Alihkan Rute Menuju Eropa & Asia

News
14 April 2024 14:20

Singapore Airlines melintas di langit Mumbai, India (Dhiraj Singh/Bloomberg)
Singapore Airlines melintas di langit Mumbai, India (Dhiraj Singh/Bloomberg)

Olivia Poh dan Danny Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Maskapai penerbangan sedang mempertimbangkan sejumlah opsi yang semakin sempit untuk terbang antara Eropa dan Asia setelah menghadapi penutupan ruang udara akibat serangan langsung pertama Iran ke Israel.

Beberapa negara Timur Tengah termasuk Yordania, Irak, dan Lebanon mengumumkan penutupan ruang udara mereka saat Iran meluncurkan drone dan misil. Israel dan Iran juga memberlakukan pembatasan pada lalu lintas penerbangan di atas ruang udara mereka.

Sejumlah maskapai mengalihkan rute atau menghindari titik-titik masalah dalam serangkaian keputusan yang akan memperpanjang waktu penerbangan dan menambah biaya bahan bakar. Maskapai ini termasuk Qantas Airways Ltd, Singapore Airlines Ltd, dan Deutsche Lufthansa AG, sementara Kuwait Airways mengatakan bahwa mereka mengalihkan penerbangan dari "daerah ketegangan."

Swiss International Air Lines mengatakan akan menangguhkan penerbangan ke Tel Aviv sampai pemberitahuan lebih lanjut, dan semua pesawatnya akan menghindari ruang udara Iran, Irak, dan Israel.