Logo Bloomberg Technoz

Ucapan Idulfitri Biden hingga Sunak: Derita Gaza Jadi Sorotan

Dovana Hasiana
10 April 2024 10:30

Warga Palestina berjalan melewati bangunan yang hancur akibat serangan Israel di Khan Younis, Gaza selatan (8/3/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Warga Palestina berjalan melewati bangunan yang hancur akibat serangan Israel di Khan Younis, Gaza selatan (8/3/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejumlah tokoh dunia turut menyampaikan ucapan Idulfitri 1445H/Lebaran 2024 yang jatuh pada hari ini, Rabu (10/4/2024). Bahkan, beberapa dari mereka menyinggung soal konflik di jalur Gaza.

Pertama, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengucapkan Idulfitri kepada umat Muslim di seluruh dunia.

Namun, pada saat yang sama, Antonio mengatakan banyak umat Muslim di Gaza dan Sudan yang tidak bisa merayakan Idulfitri dengan baik imbas konflik yang terjadi.

“Hati saya hancur mengetahui bahwa di Gaza, di Sudan dan begitu banyak tempat lain, karena konflik dan kelaparan, begitu banyak Muslim tidak akan dapat merayakan Idulfitri dengan baik,” ujar Antonio dalam keterangannya di akun sosial media Instagram resmi, Rabu (10/4/2024).

Presiden AS Joe Biden. (Dok: Bloomberg)

Senada, Presiden Amerika Serikat Joe Biden juga menyinggung soal Gaza saat mengucapkan Idulfitri. Biden mengatakan umat Muslim merayakan Idulfitri sambil merenungkan penderitaan yang dirasakan banyak orang di Gaza dan Sudan..