Logo Bloomberg Technoz

Kekayaan Bos BCA & Djarum Kalahkan Pemilik Manchester United

Tim Riset Bloomberg Technoz
08 April 2024 12:30

Bank BCA (Dimas Ardian/Bloomberg)
Bank BCA (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Orang terkaya di Indonesia nomer tiga saat ini, Robert Budi Hartono, pemilik perusahaan rokok besar PT Djarum dan bank swasta terbesar di Tanah Air, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), memiliki kekayaan sebesar US$23,1 miliar, berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, Senin (8/4/2024).

Dengan kurs dolar (JISDOR) saat ini di Rp15.873/US$, nilai kekayaan (net worth) Robert Budi Hartono itu setara dengan Rp366,66 triliun. Nilai kekayaan taipan kelahiran Semarang itu berhasil menempatkannya sebagai manusia terkaya di atas bumi di urutan 83.

Kekayaan anak kedua dari pendiri Djarum Oei Wie Gwan tersebut, juga sukses mengalahkan crazy rich Inggris yang menjadi salah satu pemilik Manchester United Jim Ratcliffe (urutan 88, net worth US$21,7 miliar).  melibas taipan baja India terkemuka Lakshmi Mittal (urutan 96, net worth US$20,8 miliar).

Robert Hartono menguasai 51% saham PT Dwimuria Investama Andalan, perusahaan holding yang memiliki 29% saham BBCA. Robert juga menguasai 30% saham operator telko, Sarana Menara Nusantara yang ia kuasai melalui Sapta Adhikari Investama. Robert juga menguasai 38% saham Global Digital Niaga (BliBli). 

Michael Hartono. (Dimas Ardian/Bloomberg)

PT Djarum, perusahaan rokok yang berdiri sejak 1951 di Kudus, yang didirikan oleh ayah Robert, menurut data Euromonitor pada 2022 menjual sekitar 14% dari jumlah rokok yang terjual di Indonesia.  Pendapatan Djarum ditaksir mencapai US$3,6 miliar.