Logo Bloomberg Technoz

Harga Saham Rontok, Kekayaan Prajogo Pangestu Anjlok Rp116 T

Tim Riset Bloomberg Technoz
08 April 2024 07:40

Prajogo Pangestu. (Sumber: Bloomberg)
Prajogo Pangestu. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Klasemen orang terkaya di Indonesia sampai hari ini belum banyak perubahan, masih didominasi oleh taipan yang bergerak di sektor energi dan tambang juga perbankan. 

Namun, nilai kekayaan beberapa para crazy rich itu sudah agak menyusut bila dibandingkan posisinya akhir tahun lalu. Penyebabnya beragam, di antaranya karena berakhirnya pesta harga komoditas tambang yang berdampak pada nilai saham di perusahaan besar yang mereka kuasai.

Penurunan nilai kekayaan bersih itu seperti yang terlihat pada net worth orang terkaya nomor dua di Indonesia saat ini, Prajogo Pangestu.

Berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index, Senin (8/4/2024), nilai kekayaan bersih si raja kayu zaman Orde Baru yang kini beralih menjadi penguasa sektor energi itu anjlok 23,5% atau sekitar US$7,3 miliar dibandingkan akhir 2023 lalu. Dengan kurs saat ini, penurunan nilai kekayaan bersih Prajogo Pangestu itu setara dengan Rp115,98 triliun.

Tiga dari empat saham perusahaan terafiliasi Prajogo Pangestu, mencatat penurunan nilai return sepanjang tahun ini. Return saham PT Barito Pacific Tbk (BRPT) tercatat turun 24,4% year-to-date sampai perdagangan terakhir bursa saham, Jumat (5/4/2024).