Logo Bloomberg Technoz

Polri Gunakan Drone Pantau Arus Mudik Lebaran 2024

Redaksi
07 April 2024 21:00

Pesawat drone milik Korlantas Polri untuk pantau Mudik Lebaran 2024. (Dok. Humas Polri)
Pesawat drone milik Korlantas Polri untuk pantau Mudik Lebaran 2024. (Dok. Humas Polri)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Korps Lalu Lintas atau Korlantas Polri menggunakan pesawat nirawak atau drone untuk memperkuat pengawasan arus mudik lebaran 2024. Pesawat ini secara khusus akan mengawasi sejumlah titik yang tak terpantau oleh kamera pengawas atau CCTV kepolisian. 

"Di-upgrade dari tahu lalu, sehingga tahun ini drone bisa terbang sampai 20 kilometer dari titik awal," kata Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri, Brigadir Jenderal Raden Slamet Santoso dikutip dari laman Polri, Ahad (7/4/2024).

Saat ini, kepolisian bersama dengan kementerian perhubungan dan sejumlah stakeholder telah memiliki ratusan CCTV yang tersebar di sepanjang rute mudik dan balik. Selain jalan tol, kamera pengawas yang bisa diakses juga berada di terminal, pelabuhan, stasiun, bandara, hingga sejumlah titik strategis.

Menurut Raden, selain kemampuan jelajah yang lebih tinggi, kamera pada pesawat pengintai tersebut mampu melakukan pembesaran atau zoom hingga 30 kali lipat. Rencananya, seluruh data kondisi arus dari drone akan dikemas kepolisian menjadi informasi singkat yang dibagikan pada para pemudik.

Pemerintah sendiri memprediksi terjadi peningkatan sebesar 56% aktivitas atau total perjalanan masyarakat pada Idulfitri 1445 Hijriah dibandingkan pada tahun lalu. Setidaknya, diprediksi akan ada 193 juta orang yang melakukan perjalan selama masa lebaran.