Logo Bloomberg Technoz

Cek Stasiun Senen, Menhub Minta KAI Lakukan Pengecekan Berkala

Pramesti Regita Cindy
07 April 2024 10:00

Penumpang antre memasuki peron kereta api saat arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (6/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Penumpang antre memasuki peron kereta api saat arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (6/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, melaksanakan peninjauan langsung terhadap kondisi arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Budi menyampaikan pesan kepada para petugas yang akan bertugas dalam mudik ini untuk selalu melakukan check armada secara menyelur agar perjalaan berjalan dengan selamat. 

"Ramp check itu bukan hanya berkaitan dengan keretanya saja, tapi juga prasarananya. Prasarana harus dicek juga karena kadang-kadang kita lalai untuk mengeceknya," kata Budi. 

Selain itu, Budi juga menekankan dan mengajak para pimpinan, Direktur Utama, dan direktur KAI untuk memastikan posko-posko mudik yang telah dibentuk, berjalan efektif dan dapat berfungsi secara optimal untuk mengawasi kelancaran arus mudik. 

Tak kalah penting ia meminta untuk antisipasi cuaca. "Antisipasi cuaca ini penting karena cuaca belakangan mengakibatkan longsor di beberapa tempat. Perlu jadi perhatian terutama dari Garut, Tasikmalaya sampai Purwokerto. Tim lapangan tolong disiapkan dan dicek apakah mereka sudah siap jika menghadapi kondisi cuaca tertentu."