Logo Bloomberg Technoz

Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto mengimbau agar masyarakat memanfaatkan transaksi perbankan secara digital yang lebih mudah diakses dan fleksibel.

“Masyarakat juga dapat memanfaatkan layanan laku pandai AgenBRILink yang jumlahnya mencapai 796 ribu agen yang tersebar di seluruh pelosok negeri,” kata Andrijanto dalam keterangan resminya, Jumat (5/4/2024).

Selain itu, nasabah BRI juga bisa memanfaatkan jaringan ATM dan CRM yang berjumlah 21.259 dan terbesar di seluruh Indonesia. Sedangkan bagi para pengusaha, Qlola Cash Management juga tetap bisa diakses selama periode libur Idulfitri 1445 Hijriah.

Berikut ini rinciannya:

  • Tanggal 6, 7, 13, dan 14 April: Melayani Weekend Banking
  • Tanggal 8, 12, dan 15 April 2024: Layanan terbatas serta layanan Pertamina, HM Sampoerna, dan ASDP.
  • Tanggal 9-11 April 2024: Tidak beroperasi

BCA

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyesuaikan jadwal operasional kantor cabang sepanjang periode hari libur Idulfitri 2024, mengikuti jadwal cuti bersama Lebaran yang telah ditetapkan pemerintah pada tanggal 8,9,12, dan 15 April.

Seluruh kantor cabang BCA akan kembali beroperasi normal pada Selasa, 16 April 2024. Saat operasional terbatas, seluruh transaksi non-finansial dapat dimanfaatkan masyarakat. Namun, beberapa transaksi seperti kliring, transfer dana melalui RTGS/SKNBI, dan layanan valas untuk sementara tidak dilakukan.

“Kami berkomitmen untuk tetap melayani kebutuhan transaksi nasabah setiap saat sepanjang periode libur Lebaran 2024 melalui berbagai layanan yang bisa diakses via aplikasi myBCA, BCAmobile, KlikBCA, dan belasan ribu jaringan ATM BCA,” kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, dalam keterangan resminya, dikutip Kamis (4/4/2024).

“Nasabah dapat memanfaatkan berbagai fitur seperti layanan paylater, tarik tunai secara cashless, hingga melakukan pembayaran melalui aplikasi BCA mobile dan myBCA.”

Berikut ini penyesuaian kegiatan operasional kator cabang BCA selama libur Idulfitri 2024:

  • Sabtu dan Minggu, 6-7 April 2024: Layanan weekend banking tetap beroperasi
  • Senin, 8 April 2024: Beroperasi terbatas
  • Selasa, Rabu dan Kamis, 9-114 April 2024: Tidak beroperasi
  • Jumat, 12 April 2024 : Melayani transaksi B2B Pertamina di cabang tertentu
  • Sabtu dan Minggu, 13-14 April 2024: Layanan weekend banking ditiadakan
  • Senin, 15 April 2024: Tidak beroperasi

Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk turut melakukan penyesuaian operasional kantor cabang selama periode hari raya Idulfitri 1445 H dan libur lebaran 2024.

Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman menjelaskan, selama periode libur Hari Raya Idulfitri tanggal 6 - 15 April 2024, beberapa cabang Bank Mandiri yang berada di luar DKI Jakarta akan beroperasi secara bergantian untuk mengakomodir layanan khusus, yakni untuk pembayaran Setoran BBM/non BBM Nasabah Pertamina.

Ia mengatakan, para nasabah Mandiri bisa memanfaatkan layanan digital Banking Mandiri untuk memenuhi kebutuhan transaksi. Selain itu, nasabah juga dapat memanfaatkan e-channel Bank Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia untuk memenuhi kebutuhan transaksi.

“Antara lain 12.874 mesin ATM/ATM Setor Tarik yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia. Serta 246.000 EDC yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya di lokasi strategis seperti rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata,” kata Teuku dalam keterangan resminya.

BNI

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mengumumkan akan melakukan operasional terbatas pada tanggal 8-15 April 2024, dalam periode tersebut Bank BNI akan buka secara terbatas pukul 09.00-12.00.

Namun, tidak seluruh outlet buka pada periode itu. Bank BNI mengumumkan operasional terbatas itu dilakukan pada Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, dan Kantor Kas tertentu.

Mengenai rincian outlet pada wilayah dan daerah apa saja yang buka pada tanggal-tanggal tertentu itu, Anda dapat mengunjungi situs resmi Bank BNI.

“Dalam rangka memberikan layanan kepada masyarakat selama libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H, maka BNI akan melaksanakan operasional terbatas pada tanggal 08 s.d 15 April 2024 pada pukul 09.00 s/d 12.00 Waktu Setempat,” tulis situs resmi Bank BNI.

BTN

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) atau BTN pada periode libur panjang Idulfitri tanggal 8-15 April akan beroperasi secara terbatas pada sejumlah jaringan kantor perseroan.

Hal ini, diungkap oleh Corporate Secretary BTN Ramon Armando dalam keterangan resminya kepada Bloomberg Technoz.  Ramon menjelaskan, beberapa kantor cabang yang buka pada masa libur panjang lebaran tersebut akan mulai beroperasi pada pukul 09.00-15.00.

“Pemberlakuan operasional terbatas dilakukan untuk tetap memenuhi kebutuhan nasabah atas layanan perbankan. Untuk kantor cabang yang buka pada hari libur lebaran tersebut, mulai beroperasi pada pukul 09.00-15.00,” kata Ramon kepada Bloomberg Technoz, Jumat (5/4/2024).

(azr/lav)

No more pages