Logo Bloomberg Technoz

Sinyal Beragam Pejabat The Fed soal Potensi Penurunan Suku Bunga

News
05 April 2024 05:21

The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)
The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Gubernur Bank Federal Reserve Cleveland, Loretta Mester, mengisyaratkan bahwa bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) mungkin akan segera mencapai tingkat keyakinan yang diperlukan untuk mulai menurunkan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang.

Mester termasuk di antara lebih dari setengah lusin pejabat The Fed yang berbicara pada Kamis (04/04/2024) dalam diskusi atau pidato yang dimoderatori. Pejabat lainnya termasuk Gubernur The Fed Minneapolis Neel Kashkari dan Gubernur The Fed Chicago Austan Goolsbee.

Gelombang komentar dari para pejabat tersebut mengikuti pernyataan Gubernur Jerome Powell sehari sebelumnya. Powell menekankan bahwa The Fed memiliki waktu untuk menilai data yang masuk sebelum menurunkan suku bunga. Hal ini menandakan bahwa pembuat kebijakan bersedia menunggu lebih banyak bukti penurunan inflasi sebelum bertindak.

Belum jelas apakah kenaikan harga utama pada awal tahun 2024 merupakan kemunduran sementara menuju target inflasi bank sentral sebesar 2% atau tanda bahwa kemajuan telah terhenti.