Logo Bloomberg Technoz

Powell akan Mengkaji Data Inflasi Sebelum Pangkas Suku Bunga

News
04 April 2024 06:50

Ketua Federal Reserve AS, Jerome Powell. (Dok: Bloomberg)
Ketua Federal Reserve AS, Jerome Powell. (Dok: Bloomberg)

Steve Matthews - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed), Jerome Powell, mengisyaratkan para pengambil kebijakan akan menunggu tanda-tanda yang lebih jelas tentang penurunan inflasi sebelum memangkas suku bunga.

Powell mengatakan angka inflasi baru-baru ini — meskipun lebih tinggi dari perkiraan — tidak "secara signifikan mengubah" gambaran keseluruhan. Dia menegaskan kembali perkiraannya bahwa kemungkinan akan tepat untuk mulai menurunkan suku bunga "pada suatu saat tahun ini."

“Tentang inflasi, masih terlalu dini untuk mengatakan apakah angka baru-baru ini mewakili lebih dari sekadar lonjakan,” kata Powell pada Rabu (03/04/2024) dalam pidatonya di Universitas Stanford di California. “Kami merasa akan tepat untuk menurunkan suku bunga kebijakan sampai kami memiliki keyakinan yang lebih besar bahwa inflasi bergerak secara berkelanjutan menuju 2%.”

Komite Pasar Terbuka Federal (Federal Open Market Committee/FOMC) mempertahankan suku bunga stabil bulan lalu. Para pejabat hanya mempertahankan prospek mereka untuk tiga pemotongan suku bunga tahun ini, meskipun metrik inflasi kunci telah meningkat pada 2024. Powell dan pejabat The Fed lainnya telah berkali-kali mengatakan bahwa mereka tidak terburu-buru untuk memangkas suku bunga, dan bahwa langkah-langkah mereka akan bergantung pada data yang masuk.