Logo Bloomberg Technoz

Poin-poin Penting Pidato Powell Terkait Suku Bunga

News
04 April 2024 07:20

Ketua Federal Reserve AS, Jerome Powell saat sidang Senat di Washington, DC, AS, Kamis, (7/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)
Ketua Federal Reserve AS, Jerome Powell saat sidang Senat di Washington, DC, AS, Kamis, (7/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)

Catarina Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed), Jerome Powell, berbicara dalam Forum Bisnis, Pemerintahan, dan Masyarakat di Universitas Stanford, California pada Rabu (03/04/2024). Berikut poin-poin penting dari pernyataannya:

  • Powell mengatakan The Fed masih punya waktu untuk menilai data yang masuk sebelum mulai pangkas suku bunga, yang kemungkinan akan terjadi "pada suatu waktu di tahun ini". Dia mengatakan kekuatan ekonomi AS memberikan fleksibilitas kepada The Fed.
  • Dia menegaskan kembali bahwa angka inflasi baru-baru ini, yang lebih tinggi dari perkiraan, tidak "secara signifikan mengubah" gambaran keseluruhan dari penurunan harga.
  • Pidato dan sesi tanya jawab pada Rabu di universitas tersebut berlangsung hanya beberapa hari setelah sebuah acara di Federal Reserve San Francisco, di mana Powell membuat komentar serupa.
  • Powell dengan berhati-hati mengatakan bahwa The Fed bukanlah lembaga politik dan tidak memperhitungkan hal-hal seperti pemilu saat menetapkan kebijakan. Dia berbicara tentang bagaimana angka imigrasi yang lebih tinggi dari perkiraan mungkin telah membantu mendorong pertumbuhan tahun lalu, tetapi mengatakan bahwa The Fed tidak membuat kebijakan imigrasi. Dia membuat komentar serupa tentang kebijakan iklim.
  • Reaksi pasar keuangan terbatas, meskipun imbal hasil obligasi dua tahun mencapai level terendah sesi setelah Powell berbicara, turun sekitar 1 basis poin. Mereka berada di 4,68% pada pukul 13.00 di New York. Saham-saham tetap lebih tinggi, dengan S&P 500 naik sekitar 0,3%.
  • Kontrak berjangka (Futures) terus menunjukkan ekspektasi bahwa pemotongan suku bunga pertama dari The Fed kemungkinan besar akan terjadi pada bulan Juli.