Logo Bloomberg Technoz

Pidato Powell Dorong Harga Tembaga ke Level Tertinggi 14 Bulan

News
04 April 2024 12:00

Tembaga (Dok: Bloomberg)
Tembaga (Dok: Bloomberg)

Annie Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Harga tembaga melonjak ke level tertinggi dalam 14 bulan. Ekspektasi penurunan suku bunga AS dan ancaman terhadap pasokan semakin mendorong reli yang terjadi sejak awal Februari.

Harga tembaga naik untuk sesi keempat di London Metal Exchange (LME) setelah Gubernur bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell mengatakan kemungkinan akan mulai menurunkan biaya pinjaman "pada suatu waktu tahun ini." Harga tembaga menyentuh US$9.380 per ton, level intraday tertinggi sejak akhir Januari 2023, menyusul kenaikan 3% pada hari Rabu (03/04/2024) setelah data manufaktur China lebih baik dari perkiraan.

Logam industri ini telah meningkat 15% sejak level terendah tahun ini di bulan Februari, dengan kenaikan juga didorong oleh kekhawatiran pasokan. Smelter China, yang memproduksi lebih dari separuh tembaga olahan dunia, hampir menerapkan pengurangan produksi bersama setelah pengetatan pasokan bijih mineral mendorong biaya pemrosesan mendekati nol.

Harga tembaga naik 0,7% menjadi US$9.329 per ton di LME pada pukul 10:56 pagi waktu Singapura. Aluminium naik 0,8% dan seng naik 0,7%. Pasar China tutup untuk hari libur.