Logo Bloomberg Technoz

BMKG Pastikan Gempa Taiwan & Jepang Tak Berdampak ke Indonesia

Redaksi
03 April 2024 10:43

Ilustrasi gempa di Jepang. (Soichiro Koriyama/Bloomberg)
Ilustrasi gempa di Jepang. (Soichiro Koriyama/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan gempa yang terjadi di Taiwan hingga Jepang tidak akan berdampak ke wilayah Indonesia.

"Berdasarkan hasil permodelan Tsunami dan analisis yang dilakukan oleh BMKG, gempa bumi Taiwan ini menimbulkan Tsunami kecil di laut Taiwan dan sekitarnya tetapi tidak berdampak signifikan hingga di wilayah Indonesia," demikian disampaikan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Dr. Daryono, melalui rilis resmi, Rabu (03/04/2024).

"Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak percaya dengan berita bohong atau informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," lanjutnya.

Gempa terjadi pada Rabu pagi dan memicu peringatan Tsunami di wilayah Jepang, Taiwan, dan Filipina. Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memberikan informasi bahwa gempa ini menimbulkan tsunami lokal di wilayah Taiwan dan Jepang. 

Berdasarkan catatan tide gauge Chengong, Taiwan, gempa bumi ini menimbulkan Tsunami dengan ketinggian 45 cm. Tsunami setinggi 21 cm terjadi di Longdong Taiwan, dan 12 cm di Ishigakijima, Jepang.