Logo Bloomberg Technoz

Lama Mandek, PLTGU Jawa-1 Segera Alirkan Listrik Bersih 1,8 GW

Dovana Hasiana
02 April 2024 11:30

Ilustrasi PLTGU. (Dok ESDM)
Ilustrasi PLTGU. (Dok ESDM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pertamina Power Indonesia mengatakan Pembangkit Listrik Gas Uap (PLTGU) Jawa-1 bakal bakal menghasilkan 1,8 gigawatt (GW) energi bersih yang bakal mengisi jaringan listrik atau grid Jawa—Bali ketika beroperasi.

Corporate Secretary PT Pertamina Power Indonesia Dicky Septriadi mengatakan perusahaan sudah berhasil merencanakan tanggal operasi atau commercial operation date (COD) PLTGU Jawa-1 dan tengah menunggu persetujuan dari PT PLN (Persero) untuk komersialisasi resmi. Namun, dia tidak mengungkapkan tanggal yang diajukan tersebut.

“Sudah berhasil plan COD dan persyaratan sudah kami sampaikan ke PT PLN (Persero) sebagai pemilik jaringan untuk bisa menunggu komersialisasi resmi,” ujar Dicky saat ditemui di Jakarta Selatan, Senin (1/4/2024). 

Dicky mengatakan, bila semua persyaratan sudah disetujui oleh PLN, maka kelistrikan Jawa—Bali sebagian bakal dipasok oleh energi baru terbarukan (EBT), yang sebelumnya didominasi oleh energi dari batu bara atau sumber energi lainnya yang tidak ramah lingkungan.

Kendati demikian, Dicky tidak menjelaskan dengan lengkap ihwal tanggal operasi dari PLTGU Jawa-1 tersebut.