Logo Bloomberg Technoz

Usai Ngaret, PLTGU Terbesar Pertamina se-ASEAN Siap Beroperasi

Sultan Ibnu Affan
30 March 2024 14:45

Ilustrasi PLTGU. (Dok ESDM)
Ilustrasi PLTGU. (Dok ESDM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pertamina New Renewable Energi (NRE) memastikan siap mengoperasikan Pembangkit Listrik Gas Uap (PLTGU) Jawa-1 dengan kapasitas sebesar 1.760 MegaWatt (MW), usai ngaret dari target awal pada Desember 2021.

Persiapan beroperasi penuh PLTGU dengan nilai investasi mencapai US$1,4 miliar yang diklaim terbesar se-Asia Tenggara itu dipastikan usai melewati serangkaian tes seperti plant reliability run & net dependable capacity test tepat pada Jumat (29/3/2024) kemarin.

"Dukungan dari semua pihak terus diharapkan agar PLTGU Jawa-1 dapat menunjukkan operational excellence dan bisa membawa manfaat optimal bagi Pertamina dan NKRI," ujar Direktur Utama Pertamina NRE Jhon Anis dalam siaran resminya, Sabtu (30/3/2024).

Adapun PLTGU ini dioperasikan oleh  PT Jawa Satu Power (JSP). JSP merupakan perusahaan patungan konsorsium Pertamina NRE dan Marubeni Corporation yang masing-masing memiliki porsi 40% saham. Sisanya dimiliki oleh Sojitz sebanyak 20%.

PLTGU Jawa-1 merupakan pembangkit Listrik yang mengintegrasikan floating storage and regasification unit (FSRU) dengan unit pembangkit listrik berkapasitas total 1.760 MW yang terdiri dari 2 unit pembangkit dengan masing-masing kapasitas 880 MW.