Logo Bloomberg Technoz

Nasib PLTGU Jawa-1 Setelah Molor 2 Tahun Lebih

Redaksi
31 March 2024 18:00

Ilustrasi PLTGU. (Dok ESDM)
Ilustrasi PLTGU. (Dok ESDM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pembangkit Listrik Gas Uap (PLTGU) Jawa-1 akan segera beroperasi. Ini merupakan proyek milik PT Pertamina New Renewable Energi (NRE)

Pembangkit dengan kapasitas 1.760 MegaWatt (MW) itu sendiri sempat molor. Rencana awal, PLTU Jawa-1 ditargetkan beroperasi pada Desember 2021.

Persiapan beroperasi penuh PLTGU dengan nilai investasi mencapai US$1,4 miliar yang diklaim terbesar se-Asia Tenggara itu dipastikan usai melewati serangkaian tes seperti plant reliability run & net dependable capacity test tepat pada Jumat (29/3/2024) kemarin.

"Dukungan dari semua pihak terus diharapkan agar PLTGU Jawa-1 dapat menunjukkan operational excellence dan bisa membawa manfaat optimal bagi Pertamina dan NKRI," ujar Direktur Utama Pertamina NRE Jhon Anis dalam siaran resminya, Sabtu (30/3/2024).

Adapun PLTGU ini dioperasikan oleh  PT Jawa Satu Power (JSP). JSP merupakan perusahaan patungan konsorsium Pertamina NRE dan Marubeni Corporation yang masing-masing memiliki porsi 40% saham. Sisanya dimiliki oleh Sojitz sebanyak 20%.