Logo Bloomberg Technoz

Rp 1.036 T Digelontorkan ke Papua, Jokowi Minta Masyarakat Awasi

Ezra Sihite
21 March 2023 15:40

Presiden Jokowi di Jayapura, Papua. (Dok. Humas Polda Pua)
Presiden Jokowi di Jayapura, Papua. (Dok. Humas Polda Pua)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar masyarakat Papua ikut mengawasi penggunaan anggaran pemerintah yang diperuntukkan bagi pembangunan di wilayah itu. Presiden Jokowi tak menampik bahwa korupsi kerap menjadi momok pembangunan di daerah. 

Dia mengatakan bahwa sejak 2014-2022, pemerintah pusat sudah menggelontorkan Rp 1.036 triliun untuk pembangunan di Papua.

"Uang ini sangat besar sekali, makanya saya minta masyarakat Papua, tolong awasi, kawal dan amati terus supaya uang ini jangan sampai belok kemana-mana, dikorupsi,” ujar Presiden Jokowi saat meresmikan Papua Youth Creative Hub, Selasa (21/3/23) sebagaimana keterangan pers yang diterima.

Jokowi menambahkan, anggaran tersebut telah digunakan untuk berbagai pembangunan seperti pembangunan jalan Trans Papua sepanjang 3.462 km, jalan perbatasan 1.098 km, jembatan Youtefa sepanjang 1,3 km, Bandara Domine Eduard Osok, Bandara Wamena, pembangunan pos lintas batas di 3 lokasi di PLB Skouw di Kota Jayapura, PLB Sota dan PLB Yetetkun. 

“Semua kita telah selesaikan," kata Presiden Jokowi.