Logo Bloomberg Technoz

Beli Emas Antam 15 Tahun Lalu Cuan 263%, Masih Bisa Lebih

Ruisa Khoiriyah
01 April 2024 09:25

Karyawan menunjukkan emas imitasi di salah satu butik emas Antam di Jakarta, Jumat (2/2/2022). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan menunjukkan emas imitasi di salah satu butik emas Antam di Jakarta, Jumat (2/2/2022). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga emas produksi PT Aneka Tambang (Tbk) kembali memecahkan rekor harga tertinggi baru sepanjang masa, memulai bulan April ini, Senin (1/4/2024). Satu gram emas Antam saat ini dijual di level Rp1.254.000, level harga emas Antam termahal sepanjang sejarah. Harga emas Antam hari ini naik Rp5.000 dibandingkan sehari sebelumnya.

Harga jual yang dibanderol oleh Antam itu adalah harga acuan yang digunakan bila seseorang ingin membeli emas batangan dari Antam. Sementara bila seseorang ingin menjual emas yang ia miliki saat ini pada Antam, maka harga yang digunakan adalah harga beli kembali (buyback price) di mana pada hari ini dibanderol sebesar Rp1.146.000 per gram. Ini menjadi level harga beli termahal sepanjang masa juga.

Lonjakan harga emas yang berulang kali terjadi ini bisa menjadi kesempatan bagi para investor emas yang sudah menyimpan koleksi emas batangan sekian lama untuk mengambil untung (profit taking). Seberapa besar keuntungan saat ini yang bisa dikantongi para investor emas?

Bila hendak menjual emas batangan yang dikoleksi, harga yang wajib diperhatikan adalah buyback price. Bila harga acuan tersebut sudah lebih tinggi dibandingkan harga yang Anda bayarkan ketika membeli emas, itulah nilai keuntungan (capital gain) yang bisa Anda kantongi.

Bagi investor yang telah membeli emas pada akhir tahun lalu yaitu ketika harga emas sudah di harga Rp1.159.000 per gram dan ingin menjualnya hari ini, ada baiknya ditahan dulu. Pasalnya, dengan saat ini harga buyback masih di Rp1.146.000, maka sejatinya Anda justru akan merugi 1,12%.